About the first Baptist Church

ASPEK KEAMANAN KOMPUTER


Menurut Garfinkel [Simson Garfinkel, “PGP: Pretty Good Privacy,” O’Reilly & Associ‐ates, Inc., 1995. ]:

1. Privacy / Confidentiality
  Menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. 
  • Privacy
      Lebih kearah data‐data yang sifatnya privat
      Contoh :
      e‐mail seorang pemakai (user) tidak   boleh   dibaca oleh administrator. 
  • Confidentiality
      Berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut.   Contoh :
      Data‐data yang sifatnya pribadi (seperti nama, tempat   tanggal lahir, social security number, agama, status   perkawinan, penyakit yang pernah diderita, nomor   kartu kredit, dan sebagainya) harus dapat diproteksi   dalam penggunaan dan penyebarannya.
      Bentuk Serangan :
      Usaha penyadapan (dengan program sniffer).
      Usaha‐usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi.
  • Integrity
      Keabsahan dari sebuah informasi harus dapat terjaga atau dengan kata lain informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi.
      Contoh : e‐mail di intercept di tengah jalan, diubah   isinya, kemudian diteruskan ke alamat yang dituju.
     
      Bentuk serangan :
      Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.
  • Authentication
      Metode untuk menyatakan bahwa informasi betul‐betul asli, atau orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul‐betul orang yang dimaksud.
     
      Dukungan :
    Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi watermarking(untuk menjaga “intellectual property”, yaitu dengan menandai dokumen atau hasil karya dengan “tanda tangan” pembuat ) dan digital signature.
    Access control, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses informasi. User harus menggunakan password, biometric (ciri‐ciri khas orang), dan sejenisnya.
     
  •     Availability
      Berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
      Contoh hambatan :
    “denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi‐tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.
    mailbomb, dimana seorang pemakai dikirimi e‐mail bertubi‐tubi (katakan ribuan e‐mail) dengan ukuran yang besar sehingga sang pemakai tidak dapat membuka e‐mailnya atau kesulitan mengakses e‐mailnya.
  •   Access Control
      Cara pengaturan akses kepada informasi. Berhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy
     
      Metode :
      Menggunakan kombinasi userid/password atau dengan menggunakan mekanisme lain.
  • Non‐repudiation
      Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Dukungan bagi electronic commerce.